Hunting Hotel Budget di Solo dengan Airy Rooms


Kalau dihitung-hitung, jumlah situs booking online untuk keperluan traveling sekarang buanyak banget ya. Mulai dari Agoda, Traveloka, Pegipegi, dan sekawanannya yang masing-masing punya rate, sistem booking dan program promo bersaing. Yang belakangan menarik perhatian saya adalah AiryRooms.

Berawal dari rencana jalan ke Bandung (yang sampai sekarang belum kesampaian juga pffftt), iseng saya cari-cari penginapan dengan budget sekecil mungkin. Orang-orang biasa menyebutnya hotel budget, karena memang fasilitasnya benar-benar disesuaikan dengan budget. Klik sana sini lalu nemulah si Airy ini di Traveloka. Waktu itu saya cuma mbatin, “Airy ini apa sih? Kok kamarnya bisa seragam dan bagus gini, tapi harganya murah-murah”. Karena partner jalan belum bisa ambil cuti, jadinya praduga terhadap si Airy ini cukup pada tahap mbatin saja.

Kebetulan beberapa waktu lalu, saya dimintai tolong teman untuk mencarikan guest house di sekitaran Solo Utara dengan budget 200ribuan per kamar. Dari sini lah saya mulai kenal deket sama si Airy ini.

Waktu cari penginapan di Traveloka dengan arahan destination near by me (posisi saya saat itu sedang berada di rumah, Solo pinggiran), kamar dari Airy Rooms ini berada di urutan atas dengan pilihan sort by lowest price. Lalu arahan destination saya ganti dengan Solo Kota, ada lagi si Airy Rooms di list dengan sort yang sama. Pertanyaan yang sama muncul lagi,


"Airy-airy ini apaan sih?"

Dulunya saya pikir Airy Rooms adalah manajemen hotel lokal seperti Santika atau Tauzia, yang mengelola hotel dengan banyak brand. Ternyata si Airy ini adalah VHO (Virtual Hotel Operator). Modalnya cuma teknologi dan seleksi. Tapi mereka nggak cuma jualan kamar kayak situs-situs booking online yang lain, tapi juga ikut mengelola. Kalau Santika dkk mengelola keseluruhan manajemen hotel, Airy ini mengelola beberapa kamarnya saja. Dia bekerjasama dengan hotel-hotel budget di seluruh Indonesia, yang menurut Airy sudah lolos seleksi sesuai kriteria mereka. Jadi misal nih, saya punya guest house atau hotel budget dengan jumlah kamar 20 unit, lalu bermitra dengan Airy, nah 1 atau 2 kamarnya akan dikelola oleh Airy. Pelayanannya pun akan disesuaikan dengan standart pelayanan dari Airy.


Aplikasi AiryRooms di PlayStore
Karena udah tau Airy ini apa, saya tinggalkan Traveloka dan beralih ke website officialnya si Airy. Dan benar saja, ketik destinasi Solo, voila! Banyak banget tawaran kamar low budget dengan fasilitas sekelas hotel bintang. Scroll ke bawah, ada aplikasi PlayStore nya, pindah lagi saya dari web official menuju aplikasi. Asik nih ada mainan baru. Oh dan ngomong-ngomong booking lewat aplikasi android lebih murah lho daripada lewat website. Ya meskipun selisihnya cuma Rp 10.000 - Rp 20.000 sih, tapi kan itu potongan harga, dan buat saya itu lumayan (dasar wanita :D)


Random

Meskipun bekerjasama dengan hotel budget atau guest house yang sudah punya brand sendiri, di Airy tidak akan ditampilkan nama brand dari mitranya tersebut sebelum kita melakukan pembayaran. Mereka hanya menamai dengan nama jalan atau daerahnya saja. Buat ngakalin, copas aja nama jalan atau daerahnya ke mesin pencarian, kalau beruntung akan muncul nama brand yang menjadi mitranya :D

Tampilan website
Ini bisa jadi kekurangan sekaligus kelebihan. Karena Airy nggak menampilkan nama brand mitra, jadi yang kita dapet adalah hasil gambling. Bisa dapet kamar di guest house, home stay, bisa juga di hotel. Kalau di mansion sih jelas nggak mungkin :D


Kamar yang saya dapet?

Saya dapet kamar di Victoria Guest House, Jl Pajajaran Utara I no 44 Sumber Solo, dengan harga Rp 153.900 non breakfast. Di situs sebelah, per kamarnya dijual Rp 244.000 include breakfast (mayan selisihnya bisa buat jajan cilok). Saya pikir dengan harga segitu paling cuma dapet fasilitas sekelas kamar melati dan tidak semua fasilitas yang ditawarkan worked. Tapi ternyata beyond expectation loh. 










Kondisi kamar persis seperti yang di gambar lengkap dengan berbagai printilannya (amenities, snack dan kopi/teh gratis sepanjang hari). Udah gitu ACnya nyala bagus dan air hangatnya juga worked.

Jadi gimana? Masih takut mahal tidur di tempat nyaman? :D



Sumber gambar: Dokumen pribadi dan dari sini

Emma

Tidak ada komentar: